Selasa, 04 Mei 2010

maag_pola makan



RAHASIA PENYEMBUHAN MAAG KRONIS
Tahun 2005 adalah puncaknya penyakit mag-ku, jutaan rupiah aku keluarkan untuk membayar biaya perawatan di rumah sakit. Hampir satu minggu aku dirawat dirumah sakit karena penyakit mag kronis. Sudah berbagai macam obat dokter dan tradisonal dicobanya namun tak ada perubahan. Hampir-hampir aku putus asa.
Suatu hari aku jalan-jalan ke took buku, kutemukan sebuah buku yang membahas masalah pola makan. Aku tertarik dan membelinya, kubaca dan kupraktekan Alhamdulillah sampai saat ini perutku tidak bermasalah lagi.
Tidak ada yang istimewa dalam penyembuhan mag-ku, kuci rahasianya adalah memperbaiki pola makan dan pola minum yang tidak beraturan. Seandainya anda mau mengikuti jejakku untuk memperabaiki pola makan, dengan senang hati akan kupaparkan pengalaman ini. Kita memiliki tiga waktu makan yaitu pagi hari, siang hari, dan malam hari. Namun kadang kita tidak beraturan dalam melaksanakan waktu makan itu . Biasanya karena sibuk atau alasan klasik lainnya. Baiklah kita uraikan pola makan yang membantu dalam penyembuhan mag.
1. Sarapan pagi , aku biasa sarapan dengan bubur kacang hijau buatan sendiri tanpa memakai santan . sarapan dengan bubur kacang hijau dengan maksud untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuhku. Perbanyak minum air putih yang dimasak terlebih dahulu. Air isi ulang sampai sekarang aku tidak mengkonsumsinya lagi.
2. Baru pukul 10.00 aku makan seperti biasa, sepertinya tubuh kita perlu asupan makanan berkarbohidrat dan protein .
3. Hindari dulu mie instan, pedas, asam, makanan kaleng, minuman bersoda, dan makan-miuman yang bisa melukai dinding perut.
4. Jangan makan makanan berat diantara waktu makan, biarkan makanan yang terdapat dalam alat pencernaan habis dicerna dan diserap kedalam tubuh. Cara ini memperingan kerja alat pencernaan, karena ada tenggang waktu bagi pencernaan (nagso dikit). Makan yang berat maksudnya makan nasi uduk, nasi goring, pizza, burger.. Makanan an yang dianjurkan adalah buah-buahan seperti apel.
5. Memindahkan waktu makan malam, makan malam yang biasa dilakukan pukul 19.00 ,kita pindahkan ke pukul 17.00. Seterusnya jangan makan lagi kecuali minum dan makan buah-buahan jika mau tidur minumlah susu powder hangat.
6. Pola minumpun kita ubah, kebiasaanku dulu kalau minum air ditenggak glek..glek..glek.. seperti dewa mabuk. Akibatnya perutku kembung karena yang seharusnya angin keluar malam berbalik erdorong oleh air yang ditenggak. Kalau sekarang air yang kuminum dengan cara dihisap dengan tiga kali tengukan, ini lebih nikmat. Silakan dicoba.
7. Lauk untuk nasi lebih diperbanyak dari sayuran untuk protein aku pilih tempe, daging ayam dan ikan air tawar.
8. Jangan lupa doa makan , sesudah makan dan bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan pola makan seperti itu dan kinginan untuk hidup lama membuatku sehat kembali, Magku sedikit demi sedikit membaik dan sembuh total. Alhamdulillah apapun yang kumakan sepertinya tidak meracuni perutku. Insya Allah dengan pola makan di atas perut anda sehat kembali.




0 komentar:

Posting Komentar